VISI & MISI

Visi dan Misi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi 2017

V I S I

 

“Terwujudnya Masyarakat Tertib, Aman dan Nyaman dari Bahaya Kebakaran “

M I S I

1. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran dan bencana lainnya;
2. Meningkatkan sistem proteksi kebakaran yang terpasang pada bangunan gedung, perumahan, pertokoan dan bangunan umum di Kota Bekasi;
3. Meningkatkan pencapaian waktu tanggap darurat/respon time dalam penanggulangan Kebakaran.

 

Penjelasan Visi:
Proses perencanaan pembangunan daerah harus melibatkan para pelaku pembangunan dan dilaksanakan secara akuntabel serta diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan di berbagai bidang. Sejalan dengan itu, maka pengertian tertibAman, nyaman dari Bahaya Kebakaran adalah:

Tertib adalah suatu kondisi dimana kepedulian masyarakat terhadap pentingnya proteksi kebakaran dan peran sertanya dalam rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaranaparat Dinas Kebakaran memiliki kompetensi yang tepat sehingga dengan keyakinan teguh Dinas Kebakaran siap dan mampu untuk merencanakan, mengkoordinasikan, mengsinkronisasikan dan mengintegrasikan perencanaan pembangunan Kota Bekasi menuju pencapaian Visi – Misi Walikota dan Wakil Walikota yang termuat dalam RPJMD 2014-2018.

  1. Aman adalah suatu kondisi dimana untuk meningkatkan kualitas Pelayanan penanggulangan terhadap bahaya kebakaran.
  2. Nyaman adalah suatu kondisi dimana dengan kemampuan yang dimiliki, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan mampu mengantisipasi dan mengantisipasi proteksi kebakaran pada bangunan gedung, perumahan, pertokoan, dan bangunan umum seseuai dengan standar dan ketentuan yang berlaku

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, diperlukan tindakan nyata dalam bentuk 4 (empat) buah misi sesuai dengan peran-peran Dinas Kebakaran , adalah sebagai berikut:

  • Melaksanakan manajemen organisasi pemerintahan yang efektif, efisien, terarah dan mengedepankan kepentingan umum serta meningkatkan kesiagaan dan pencegahan terhadap bahaya kebakaran.
  • Melaksanakan perencanaan yang baik, berkualitas dalam meningkatkan kualitas alat proteksi kebakaran yang terpasang pada bangunan gedung, perumahan, pertokoan dan bangunan umum di Wilayah Kota Bekasi.
  • Melaksanakan pembangunan berkelanjutan dengan perencanaan meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat dalam Pencegahan dan penanggulangan kebakaran untuk menurunkan jumlah kerugiaan baik material dan korban jiwa
  • Meningkatkan Cakupan Pelayanan Bencana Kebakaran.

Penjelasan Misi:
Misi merupakan langkah utama sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi. Karena itu, ada 4 (empat) Misi atau langkah utama yang kesemuanya dimaksudkan untuk mencapai VisiDinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi. Sebagai sebuah lembaga pemerintahan yang memegang fungsi dan peran penting bagi perencanaan pembangunan di Kota Bekasi, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi harus mampu menjadi sebuah lembaga pemerintahan yang terkelola dengan baik. Baik dari sisi pemberdayaan sumber daya internal dan pemanfaatan fasilitas dan kewenangan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Fungsi-fungsi perencanaan yang diamanatkan kepada Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi kemudian harus dapat dijunjung tinggi rasa kemanusian dan mengedepankan kepentingan umum ke dalam langkah-langkah yang sistematis dan menyeluruh dengan memperhatikan bidang dan sektor-sektor pelaksana pembangunan. Oleh karena itu misi pertama hingga keempat menggambarkan perwujudan pelaksanaan masing-masing bidang dan sektor pelaksana pembangunan dengan juga memperhatikan urusan pembangunan yang diemban dan diamanatkan kepada Pemerintah Daerah Kota Bekasi. Selain perwujudan perencanaan berdasarkan bidang dan sektor pelaksana pembangunan, Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bekasi juga harus mampu melakukan perencanaan program dan kegiatan pembangunan yang tepat sasaran sehingga tujuan pembangunan dalam RPJMD dapat tercapai.